Apa itu android #2

Wew setelah sekian waktu Android hadir, masih aja ada yg bertanya Android itu apa sih??? .... ya wajar sih, mungkin saat ini yg sudah kenal lengket ya Gadget mania, tukang browsing, sama Developer aplikasi.

Dan Pertama kita tegaskan kita bukan bicara, tentang Robot Android

Ok untuk yang belum kenal dengan Android, Pertama kita bisa berpikir tentang dunia komputer. Dalam dunia komputer (PC Specially) ada yg namanya Hardware & Software. ...., Hardware itu ya perangkat keras (CPU, Keyboard, Monitor dll),

lha kalo Software? ... ya anggap saja program yg berjalan di Hardware itu (SO -Sistem Operasi -Windows XP, Linux dll, Aplikasi Office - MS Word dsb) .

Nah sama saja pada dunia Handphone/Ponsel ada juga Hardware & Software nya ....,

Hardwarenya ya (Ada Layar LCD, Cassing, Keypad, beserta Jeroanya). Sedangkan Software, ya sama aja ada Sistem Operasi (OS / SO : misal Blackberry OS, Symbian, Windows Mobile, Limo dll) , Aplikasi misal : buat kirim SMS, kirim/terima email, game, dll.

Nah lalu Android?

Android itu ya mudahnya ya Sistem Operasi ,

..... lha kalo begitu kayak di komputer bisa nggak HP/Ponsel diganti-ganti, Diinstall sistem operasinya, ..... wah, kalo yg ini sih kita musti tau dulu, .... bahwa Hardware HP itu Arsitekturnya berbeda-beda, jadi gak standar kayak di komputer ..

Tetapi apabila spesifikasi hardware-nya sama, dengan kebutuhan yang disyaratkan oleh suatu Sistem Operasi. maka kita bisa mengganti Sistem Operasinya.

Misal HTC Tytn II yang memakai windows mobile, itu pada saat sekarang sudah banyak yang bisa menggantinya dengan Android (Android standar yang dioprek). Karena memang banyak HP/ponsel HTC yang memang dibuat untuk Android ini, dan kemudian ada orang-orang pinter yang ngoprek Android agar bisa berjalan di HTC Tytn II.

Jadi tidak semudah menginstall sistem operasi di HP, apalagi kalau Sistem Operasinya bukan Open Source seperti Android. Misal Symbian, Windows Mobile, Blackberry OS itu saat ini kita "relatif" nggak bisa dioprek. Itu juga karena HP/Ponsel itu secara Arsitektur Hardware berbeda-beda.

Nah di Android sendiri, selain mudah dioprek, juga kita bisa membuat aplikasi sendiri secara mudah, yaitu dengan pemrograman bahasa java. Tentu ini sangat menyenangkan, kita bisa membuat aplikasi berkirim SMS, email, atau bahkan aplikasi berbasis peta dengan GPS yang menyenangkan.

Tentu saja, faktor keamanan pada Android juga diperhatikan, mengenai kemungkinan Virus dan sebagainya. Tentu pada saat ini tidak satupun Sistem Operasi yang kebal dengan virus, tetapi pada Android dibuat seaman mungkin, ingat Android pada dasarnya dibangun pada sebuah kernel Linux, yang tangguh.

Kemudian untuk pengguna umum, apa keuntungannya?

Android dibangun untuk platform mobile masa depan - dan mnurutku komputer PC pada beberapa segi akan digusur oleh mobile computing ini pada saatnya nanti . Dengan bagitu, akan sangat menyenangkan mampunyai dan menggunakan aplikasi yang memenuhi kebutuhan kita sebagai pengguna. Dan tentu saja, Android menawarkan pengalaman menggunakan Handphone atau ponsel yang "Dedicated untuk Internet Connection" . Tentunya juga hal lain, misal Bisnis Productivity, Multimedia, Games, dll juga didukung oleh Android.

Dalam satu kata, mnurut-ku :

"Pada saatnya nanti kita akan menikmati pengalaman menggunakan Handphone, seperti kita merasakannya pada saat menggunakan Komputer, atau bahkan lebih menyenangkan, .... dan Android salah satu yang terbaik yang akan mewujudkannya"


.... he he he ... ini mah banyak kata ya .... satu lagi, Android sudah banyak dipake untuk OS Netbok, Tablet, Ebook Reader, dll ..... tar microwave dirumah kita juga .. he he he

OK, segitu dulu ..................... coba baca2 juga, ttg Android postinganku setahun yang lalu, ... Apa itu Android ?


Salam
Mazadi

















0 komentar:

Posting Komentar

Return top