Tentang Android GMS dan Android OHD

Saat ini untuk urusan distribusi, Android terdapat dua Versi yang pertama adalah Android dengan GMS atau Google Mobile Services dan Android OHD atau Open Handset Distribution.

GMS (Google Mobile Services)

Android dengan GMS adalah Android yang didukung penuh oleh Google. yaitu di dalam ponsel Android tersebut telah dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas yang terhubung dengan Google Account kita. Beberapa aplikasi tersebut misalnya, Gmail, Google Contact, Google Calendar juga Youtube.

Selain itu, ponsel Android yang dilengkapi dengan GMS memiliki Android Market. Trus buat apa Android Market?, Well disana kita bisa mendownload atau membeli aplikasi-aplikasi untuk ponsel kita.

Unfortunetley menurut beberapa kabar, Google belum memberi lisensi GMS ini ke stiap negara. Indonesia kita, saat ini, juga merupakan salah satu negara yg belum mendapat lisensi GMS. (Kabarnya dalam waktu dekat ini -Skitaran Feb 2010)

OHD (Open Handset Distribution)

Sedangkan OHD berarti Android yang sangat dasar, belum ada support dari Google sama sekali. Sure, pengguna masih dapat mengakses fungsi-fungsi dasar dari handset seperti smartphone lain, akan tetapi tidak ada Google apps termasuk tidak adanya Android Market.

Kabarbaiknya adalah, ada beberapa aplikasi dari developer yang kemudian membangun portal market aplikasi pengganti dari Android Market, seperti SlideMe. kabarnya,hal tersebut cukup bagus, ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kita temukan di Android Market, juga dapat ditemukan disana.

My Opinion

Meskipun berbeda versi, GMS ataupun OHD keduanya tetap Android yang menawa. Mnurutku sih, Operator-operator telko masing-masing juga akan membangun applikasi market. Yang bahkan akan bisa diakses oleh perangkat dengan berbagai macam platform, Android, Iphone, BB, Symbian, Moblin, Bada, Winmo atau platform-platform lain dimasa mendatang.

Ini akan menguntungkan buat smua pihak. tentunya buat Developer juga .... so be happy .. :-)

Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Return top