Pengembang Makin Getol 'Mainkan' Android

SAN FRANCISCO - Semakin populernya penjualan iPhone dan Android, membuat pengembang open source semakin fokus di kedua sistem operasi tersebut. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa selam setahun terakhir, telah terjadi peningkatan aktifitas pengembang dalam membentuk aplikasi.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Black Duck Software menemukan bahwa pada akhir 2009, terdapat 224 baru proyek-proyek software open source di Google Android, ini menggenapkan 357 proyek-proyek di Android. Tentu saja Itu sudah cukup menjadi modal untuk melompati Apple dengan iPhone, yang saat ini berada di posisi teratas.

Dengan banyak pengembang yang semakin fokus di Android selama 2009 itu, menyebabkan terjadi kenaikan 168 persen proyek aplikasi yang berjalan di platform Android tersebut. Sedangkan iPhone berangsur mulai ditinggalkan developer, ini terlihat saat tahun 2009 kemarin hanya terdapat 76 proyek perangkat lunak di platform iPhone, dengan presentase peningkatan hanya 43 persen.

"Kami melihat pertumbuhan yang kuat di proyek open source untuk platform mobil, dengan 39 persen pertumbuhan di sejumlah proyek yang tersedia dan lebih dari 3.200 aplikasi tersedia sekarang," tukas Petrus Vescuso, Executive Vice President Black Duck Software, kepada InternetNews, yang okezone kutip, Rabu (17/3/2010)

"Dinamika yang cukup menarik adalah dengan banyaknya pengembang yang mulai beralih ke Android dengan 224 proyek," tambahnya.

Datang di tempat ketiga di belakang Android dan iPhone adalah Windows Mobile dengan 75 proyek baru pada tahun 2009, mengangkat total dari 248 proyek perangkat lunak secara keseluruhan. Menurut penelitian terbaru, Windows Mobile mempunyai kehilangan pangsa dalam hal adopsi selama setahun terakhir.
(tyo)
Okezone : Pengembang Makin Getol 'Mainkan' Android


0 komentar:

Posting Komentar

Return top