Dell Seriusi Bisnis Ponsel


Interaktif, Jakarta - Keseriusan Dell untuk terjun ke pasar telepon seluler pintar makin jelas terlihat. Setelah Maret lalu memamerkan Dell Aero pada kongres CTIA Wireless di Las Vegas, Amerika Serikat, salah satu vendor komputer terbesar itu kini malah menyiapkan lima ponsel pintarnya sekaligus.



Selain Dell Aero, yang disebut-sebut bakal menjadi ponsel Android terkecil, Dell menyiapkan Dell Thunder, Dell Smoke, Dell Flash, dan Dell Lightning. Thunder, Smoke, Flash, dan Aero menggunakan sistem operasi Android. Adapun Lightning akan ditanami Windows Phone 7.

Bocoran soal Dell yang akan meluncurkan lima ponsel pintarnya ini dikabarkan oleh situs teknologi, Engadget, Rabu lalu. Informasi ini langsung tersebar di ranah maya, dan mewarnai topik pembahasan di berbagai portal teknologi. Seperti apa ponsel besutan produsen yang sebelumnya lebih dikenal sebagai vendor komputer ini? Inilah bukti keseriusan Dell itu.

* Dell Lightning

Ponsel ini dilengkapi layar sentuh kapasitif WVGA OLED ukuran 4,1 inci. Selain sistem operasi Windows Phone 7, Lightning ditanami prosesor Snapdragon QSD8250 1GHz. Resolusi kameranya juga cukup besar, 5 megapiksel, dengan autofocus. Sedangkan memori internalnya sebesar 8 gigabita dengan memori RAM 512 MB plus slot kartu MicroSD. Fitur lain yang dibenamkan adalah GPS, sensor akselerometer, kompas, radio FM, serta dukungan penuh Flash dan video playback.

Perangkat yang juga dilengkapi keyboard QWERTY dengan desain geser (slider) ini kabarnya akan dikapalkan pada kuartal keempat tahun ini, bersamaan dengan peluncuran Windows Phone 7. Menurut Engadget, Microsoft tidak akan menanam Flash di OS tersebut. Pada kuartal keempat 2011, Lightning akan diluncurkan dalam versi LTE.


* Dell Thunder

Di antara lima ponsel yang tengah dipersiapkan, kabarnya Thunder yang paling diunggulkan. Seperti Lightning, ponsel ini dikemas dengan layar sentuh WVGA OLED 4,1 inci. Bedanya, Thunder, yang bersistem operasi Android v2.1, tidak berbentuk slider dan tak dilengkapi keyboard QWERTY. Kameranya lebih besar, 8 megapiksel, dengan autofocus. Kabar yang tersiar menekankan bahwa Thunder bakal memiliki integrasi jejaring sosial dan dukungan Flash 10.1

Engadget menyebut antarmuka Thunder mirip antarmuka Sense UI dari HTC. Selain Flash, Thunder akan terintegrasi dengan aplikasi video web, Hulu. Prosesornya juga sama seperti yang dimiliki Lightning, yakni Qualcomm Snapdragon QSD8250, 1 GHz. Thunder akan dijual melalui AT & T dalam versi HSDPA pada kuartal keempat tahun ini. Seperti Lightning, Thunder akan hadir dalam versi LTE pada akhir 2011.


* Dell Smoke

Smoke hadir dengan desain yang cukup menarik, dengan keyboard full QWERTY di bawah layar sentuh 2,8 inci QVGA-nya. Android 2.2. Froyo adalah sistem operasi yang akan menjalankannya, dibantu prosesor Qualcomm MSM7230, 800 MHz. Spesifikasi lain yang tak kalah penting adalah kamera 5 megapikselnya dan kecepatan transfer datanya 14,4 Mbps HSPA. Slot kartu microSD juga tersedia, dengan konektivitas Wi-Fi dan Bluetooth 2.1 + EDR. Si 'Asap' dengan ketebalan 10,5 mm ini kabarnya akan dirilis pada kuartal kedua 2011.


* Dell Flash

Ini adalah ponsel berbentuk batang permen yang berjalan dengan Android 2.2. Froyo serta antarmuka Dell Stage UI. Ponsel ini dibangun dengan layar sentuh TFT WVGA 3,5 inci dan didukung prosesor Qualcomm 800MHz. Ia memiliki memori RAM 512 MB dan mendukung kartu microSD hingga 64 GB.

Flash, seperti namanya, telah mendukung Flash 10 dalam browser-nya. Kamera 5 MP autofocus ponsel ini juga telah dilengkapi flash alias lampu kilat. Di sisi konektivitas, Dell Flash menawarkan quad-band GSM/EDGE dan 3G tri-band dengan HSPA, Wi-Fi dengan DLNA, Bluetooth 3.0, serta jack audio 3,5 mm dan TV out. Flash, yang sedikit lebih tebal ketimbang Smoke (tebalnya 11 mm), berbobot kurang dari 115 gram. Flash akan dipasarkan pada kuartal pertama 2011.


* Dell Aero

Di antara empat lainnya, Aero yang pertama kali tampil di hadapan publik, yakni di ajang CTIA Wireless, Maret lalu. Meski tidak mempertontonkan jeroannya--cuma dipamerkan fisiknya--kehadiran Aero mulai menyingkap keseriusan Dell menekuni pasar ponsel pintar. Desain Aero dibuat dengan "semangat" Dell Mini 3i, ponsel Dell yang diluncurkan di pasar Cina tahun lalu.

Ukuran layar keduanya memang sama, 3,5 inci. Yang membedakannya adalah Aero menyediakan 3G dengan HSDPA, Wi-Fi, dan kamera 5 MP--fitur yang tak dimiliki Mini 3i (kamera Mini 3i hanya 3,2 MP). Ponsel berbasis Android OS v2.1 ini kabarnya akan di-refresh dengan Android v2.1 di kemudian hari. Aero juga bakal meluncur paling cepat ke pasar, yakni pada kuartal ketiga atau keempat tahun ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Return top