Desain Bak iPhone, Samsung Galaxy S Usung Fitur Ketik Cepat

Jakarta - Samsung terkesan masih sungkan mengumbar informasi seputar Galaxy S, handset Android mereka yang digadang-gadang sebagai yang tercanggih. Namun sedikit bocoran, ponsel ini bak kembaran iPhone dan memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk mengetik cepat.

Galaxy S (samsung)

Dibilang kembaran sebab ketika diamati detikINET, Galaxy S memiliki desain body yang nyerempet smartphone besutan Apple tersebut. Hanya saja, layar yang diusung Galaxy S lebih besar ketimbang iPhone, yakni 4 inch.

Perbedaan lain terdapat pada bagian belakang body yang terdapat lekukan di bagian bawahnya. Lekukan ini sangat berguna ketika user ingin mengambil foto dalam format landscape, membuat pegangan jadi lebih mantap.

Dari sisi performa, detikINET masih belum bisa menguji secara dalam. Sebab, Galaxy S yang dijajal masih dalam bentuk prototype. Salah satu fitur yang mungkin patut dicermati adalah keberadaan Swype.

Fitur ini memang bukan fitur baru bagi Samsung, karena sudah lebih dulu terbenam di Omnia II, tapi hanya untuk pasaran Amerika Serikat.

Dijelaskan oleh Fabiant Kayatmo, Product Marketing Senior Manager Mobile Division PT Samsung Electronics Indonesia, Swype bisa dibilang sebagai fitur pendeteksi teks. Fitur ini merupakan solusi Samsung untuk memfasilitasi user agar bisa mengetik dengan sangat cepat.

Ketika dicoba langsung detikINET, cara penggunaannya pun cukup mudah. User tetap menggunakan virtual keyboard qwerty di layar. Namun tidak perlu menekan huruf satu per satu untuk mengetik suatu kata. Tinggal menyeretnya dari satu huruf ke huruf lainnya untuk merangkai kata yang dimaksud. Dan tidak harus sampai seluruh huruf dihampiri, fitur ini kadang sudah memberikan prediksi kata yang dimaksud.

"Untuk menjalankannya dibutuhkan database kumpulan kata-katanya harus komplet. Selain itu, untuk saat ini pengadopsiannya masih berdasarkan bahasa Inggris. Tapi nantinya akan kita adopsi untuk bahasa Indonesia," tutur Fabiant.

Kelebihan lain yang dimiliki Galaxy S adalah sudah menjalankan Android versi 2.1 dan memakai teknologi super Amoled di layarnya. Teknologi ini dijanjikan membuat layar lebih terang dan tajam, namun asupan baterai justru lebih hemat.

Sementara kekuatan prosesornya sama dengan Google Nexus One, yakni 1 GHz. Memori internal sebesar 16GB masih ditambahi slot microSD sampai 32GB.

Kamera Galaxy S juga sudah terhitung mumpuni untuk kategori smartphone, berkemampuan 5 megapiksel. Ponsel ini juga punya kemampuan memutar video HD dengan resolusi 720p. ( ash / fyk )

Ardhi Suryadhi - detikinet

0 komentar:

Posting Komentar

Return top