App Inventor True Offline ( App Inventor Personal Server )


Setelah beberapa waktu kita mengenal App Inventor versi offline, sekarang ada versi App Inventor true offline. Perbedaan dari keduanya secara singkat padat dan jelas adalah untuk yang versi offline apabila ingin mengcompile alias mempaket aplikasi maka masih harus terkoneksi internet.

Sedangkan dengan menggunakan App inventor true offline, maka tanpa terkoneksi ke internetpun kita bisa membuat aplikasi android secara mandiri sekaligus bisa mempaket atau mengcompile-nya langsung. Itulah sebabnya disebut juga App Inventor Personal Server, karena sudah include server compilernya, benar-benar sangat menyenangkan buat yang ingin belajar App Inventor tetapi terhambat dengan koneksi internetnya, dan pastinya lebih cepet dari yg versi onlinenya di Beta App Inventor.

App Inventor true offline ini dipackage oleh Gary Frederick ( Jefferson Software) dari source yang di rilis oleh MIT. Disini kita akan memakai versi windows, masih versi test tetapi sudah bagus dan sebanding dengan versi online-nya. OK sekarang waktunya untuk mencobanya :

2.  Menurut keterangan sudah di test pada Windows 7,
3. Saat dicoba pada Windows XP SP3 dengan JDK 1.6, Block Editor tidak bisa terkoneksi ke Emulator. Dan ketika memakai Java JDK 1.7 bisa lancar, jadi pastikan apabila tidak bisa lancar menggunakan java JDK 1.6 maka pakailah Java JDK 1.7 download dari http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jdk7-downloads-1637583.html
4.  Install terlebih dulu JDK 1.7
5.  Ekstrak file Personal.zip , bebas di tempatkan difolder mana, maka kita akan mendapatkan empat (4) buah folder yaitu :
a.      appengine-java-sdk-1.6.4
b.      AppInventor
c.       BuildServer
d.      java
6. Untuk mencobanya, jalankan BuildServer AppInventor terlebih dulu, yaitu klik duakali pada Personal\BuildServer\launch-buildserver.cmd Sehingga akan muncul jendela command line, tunggu hingga selesai

  
7.Jalankan Sever AppInventor, yaitu dari folder AppInventor klik duakali pada Personal\AppInventor\startAI.cmd , ini juga akan membuka jendela command line


8.  Buka browser, dan masukkan alamat localhost:8888 , maka akan terbuka jendela desainer dan kita sudah bisa memulai membuat aplikasi android dengan App Inventor.


9. Alamat lain yang bisa dicoba adalah halaman admin yaitu pada localhost:8888/_ah/admin , silahkan diexplore halaman admin ini.

Diskusi mengenai App Inventor True Offline atau App Inventor PersonalServer ada di https://groups.google.com/forum/?hl=en#!forum/usgsuacwai ,silahkan bergabung disana untuk mendapatkan update informasi, berbagi informasi ataupun bertanya tentang App Inventor.

Well ... perkembangan terjadi di App Inventor sampai saat ini seperti yang diharapkan, tinggal kreatifitas kita saja untuk menggunakannya, and remember this still test version, use at your own risk :) . Dan untuk versi online masih tetap di Beta App Inventor




Thanks Garry

0 komentar:

Posting Komentar

Return top